Pertanyan Kelompok 1-3 psikologi olahraga



Pertanyaan Kelompok 1 (Hakikat Psikologi Olahraga)

1.     bagaiamana cara menghadapi siswa yang tidak suka dengan olahraga ?
2.     bagaiamana cara mengahdapi atlet yang mentalnya terganggu saat pertandingan ?
3.     tujuan dan mamfaat psikologi untuk guru dan pelatih ?
4.     bagaimana bila ada seorang atlet yang saat ingin bertanding sering ke wc, bagaiamana cara menghadapi masalah tersebut ?

Jawaban
1.     cara menghadapi siswa tersebut yaitu sebagai guru olahraga kita harus melakukan pendekekatan pribadi kepada anak yang tidak suka olahraga karena pasti ia memiliki alasan mengapa ia tidak suka olahraga atau munkin saja ia pernah cedera saat berolahraga dan semacamnya atau kita ia jadikan sebagai titik objek pada saat pelajaraan olahraga seperti bermain sepak bola dengan menjadikan ia sebagai titik pusat untuk mengoper bola kepada teman-teman sehingga ia merasa nyaman dan suka saat pelajaraan olahraga.
2.     Caranya yaitu dengan memberikan motivasi kepada atlet contohnya pada saat tim lawan unggul dan tekanan dari penonton sehingga para pemain tidak melakukan permainan dengan baik sehingga peran pelatih dibutuhkan dengan memberikan motivasi dan masukan-masukan sehingga ia bisa keluar dari tekanan agar permainan tim sesuai dengan intruksi pelatih.
3.     Tujuan dan mamfaat guru mempelajari psikologi yaitu agar guru mengetahui karakter dan sifat siswanya karena karakter siswa semuanya berbeda-beda ada yang cuek, perlu diperhatiakan, ada yang over aktif dan sebagainya sedangakan untuk pelatih yaitu agar pelatih dapat membuat atletnya berprestasi dengan membuat ia disiplin dalam latihan karena munkin ia memiliki sifat yang keras kepala atau susah di atur sehingga di sini peran pelatih dibutuhkan.
4.     Cara menghadapi yaitu dengan membiarkan karena munkin dengan ke wc sebelum bertanding menghilangkan rasa groginya dalam bertanding sehingga ia merasa nyaman saat bertanding.



Pertanyaan Kelompok II (OBJEK STUDY PSIKOLOGI OLAHRAGA)
1.     Jelaskan pengetian Goal Setting ?
2.     Bagaimana cara membangun kepercayaan diri seorang atlet ?
3.     Mengapa kajian psikologi olahgara hanya membatasi 3 aspek psikologi pendidikan ?


Jawaban

1.    penepatan sasaran adalah dasar dan latihan mental. peran pelatih untuk membantu setiap atletnya menetapkan sasaran dalam latihan maupun pertandingan, sasaran tersebut terbagi atas sasaran jangka penjang, menengah dan pendek. agar sasaran dapat bermanfaat harus mempunyai sasaran yang menantang, dapat dicapai, dan harus meningkat.
2.     Kepercayaan diri sudah pasti menjadi salah satu faktor terpenting suksesya seorang atlet, masalah hilangnya rasa percaya diri seseorang atlet mengakibatkan atlet tampil di bawah kemampuanya. Karena sesungguhnya atlet tidak perlu merasa ragu akan kemampuanya, sepanjang ia terlatih secara bersungguh sungguh dan mempunyai pengalaman pertandingan yang memadai. Syarat untuk membantuk kepercayaan diri adalah sikap positif.
3.     Mengapa hanya ada 3 karena itu hanya secara garis besarnya atau secara umumnya cuman ada 3

Pertanyaan kelompok 3 (Pendekatan Psikologi Olahraga)
1.        Bagaimana cara menghadapi siswa yang nakal atau keras kepala ?
2.        Pengetian pendekatan multidimensional ?
3.        Pengertian psikologi olahraga ?

Jawaban
1.        Caranya yaitu dengan memberikan hukuman dengan berdiri dibawah matahari dengan memperhatiakan temannya saat berolahraga apabila tidak berhasil munkin kita kembalikan kepada orang tua agar kita mengetahui mengapa anak tersebut.
2.        Pendekatan multidimensional adalah pendekatan dalam penerapan psikologi olahraga yang didasarkan pada pandangan dan fakta bahwa aktivitas olahraga berhubungan dengan aspek sosial, budaya, ekonomi, politik, antropologi.
3.        Psikologi olahraga adalah ilmu yang diterapkan dalam bidang olahraga, meliputi factor-faktor yang berpengaruh secara langsung terhadap atlet dan factor-faktor diluar atlet yang dapat mempengaruhi penampilan atlet sehingga ilmu ini sangat penting bagi guru dan pelatih agar dapat menciptakan suasana belajar dengan baik dan juga untuk pelatih agar dapat buat atletnya berprestasi.







Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

makalah evaluasi penjas

FRUSTASI DAN AGRESIVITAS OLAHRAGA

EMOSI DAN OLAHRAGA